28 November 2009

Kenapa Positioning menjadi Clarification

saya menulis artikel ini setelah saya mendapat pertanyaan setelah saya mempresentasikan tentang web 2.0 di forum. agak susah menjelaskan memang,karena dari pengartiannya sudah berbeda positioning menjadi clarification.

Sekarang mari kita bahas dulu tentang Positioning, Apa itu positioning ???

Positioning adalah bagaimana kita menancapkan produk kita di benak pelanggan dengan kokoh sehingga produk kita menjadi unik di mata para pelanggan, jadi intinya kita memposisi kan produk kita di benak pelanggan sehingga pelanggan tersebut selalu mengingat produk kita dan percaya sehingga terjadi repeat buying.

Kalo Clarification adalah kita sebenarnya adalah membuat klarifikasi bersama pelnggan itu sendiri dan bersama membentuk Image produk bersama pelanggan itu sendiri, disini kita akan menjelaskan bagaimana tentang produk kita dan tujuan produk kita.dan dengan klarifikasi ini berarti positioning tidak di tentukan oleh perusahaan semata,tetapi oleh pelanggan,media massa dan bahkan pesaing kita.

Begitu ulasan antara positioning menjadi clarification,sehingga menjawab pertanyaan di atas adalah bahwa di era web 2.0 ini positioning sudah tidak relevan karena dilakukan hanya oleh perusahaan dan tanpa adanya komunikasi yang humanis antara perusahaan dan konsumen.dan di era web 2.0 bahwa brand switching begitu mudah terjadi.Hal ini di sebabkan karena positioning dan persepsi produk yang mudah kabur.sehingga Clarification sangat relevan karena kita melakukan positioning dengan pelanggan,media massa dan pesaing itu sendiri.

Demikin ulasan saya semoga bermanfaat……


Tidak ada komentar:

Agungisme