15 Januari 2010

Zinga Poker dari sudut pandang marketing II

Tentang permainan poker sudah kita bahas di tulisan pertama,menurut saya ini adalah sekuelnya yang kedua dan mungkin akan ada yang ketiga dan seterusnya……sekarang kita bahas bagaimana kita memenangkan pertarungan di meja Poker, dalam marketing berarti bagaimana kita memenangkan persaingan di pasar,karena semakin banyak pemain di pasar dan persaingan semakin keras. kembali ke dunia poker, bagaimana kita bisa memenangkan pertarungan dimeja poker ini.langkah awalnya adalah membangun sebuah Image bahwa kita adalah pemain handal dan mempunya karakter.karena dengan karakter yang kuat lawan melihat kita adalah profesional dan memang pantas untuk memenangkan persaingan.jika dalam sudut pandang marketing produk yang handal berarti mempunyai Image yang bagus di benak pelanggan, dan produk yang berkarakter berarti produk kita mempunyai image yang kuat sehingga pelanggan bisa mencintai produk kita karena karakter produk kita sesuai keinginan si pelanggan itu sendiri.

Bagaimana menciptakan karakter produk yang di cintai konsumen ???hal ini yang sulit, karena membutuhkan pendekatan- pendekatan yang lebih dalam ke benak konsumen,untuk pembentukan karakter produk tidak bisa hanya mengandalkan branding dan iklan /promosi melalui ATL (above the line) tetapi melakukan pendekatan terhadap konsumen secara Humanis.yaitu membuat produk kita menjadi bagian dari konsumen itu sendiri.

Pendekatan yang humanis ini di maksud bahwa produk kita bukan brand tetapi adalah suatu sosok?sehingga yang berpromosi adalah marketers -marketers produk itu sendiri dengan melakukan komunikasi ke pelanggan dengan lebih dalam dan memposisikan produk kita menjadi bagian dari mereka,contoh produknya adalah Minyak kayu putih,Minyak ini selalu dibutuhkan oleh siapapun,dimanapun dan kapanpun saat pelanggan merasa kurang enak badan.dan produk ini tidak mengenal strata sosial.sehingga menciptakan produk yang menjadi bagian atau lebih tepatnya menjadi penolong konsumen.

Mungkin dengan tulisan ini bisa menjadikan pola promosi yang baru dengan komunikasi yang lebih humanis dan lebih personal kepada konsumen.

2 komentar:

Pongky Toding mengatakan...

Senang sebenarnya liat isi blog ini, hanya jarang di update.
Tapi isinya asyik kok.
www.bimbinganmu.blogspot.com

Agung setiawan mengatakan...

terima kasih mas......memang ini blog pribadi... kalau mau yang spesifik klik di http://marketingpalsu.wordpress.com

salam kenal mas....

Agungisme